21/12/21

Target Produksi Batu Bara 2021 Tak Tercapai

.

Batubara.ist



JAKARTA, Mediadata.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat produksi batu bara dalam negeri hingga 10 Desember 2021 baru mencapai 560 juta ton atau 89,6 persen dari target produksi dipatok 625 juta ton. faktor cuaca menjadi alasannya.


Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara, Direkorat Jenderal Minerba, Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi mengatakan, kendala cuaca telah dialami di sejumlah area tambang sejak pertengahan 2021 hingga akhir tahun ini.


“Ada fenomena La Nina, sehingga hujan sangat tinggi sekali. Dengan alasan keselamatan dan penataan tambang membuat beberapa perusahaan tidak bisa merealisasikan produksinya karena curah hujan tinggi,” ujar Sunindyo saat konferensi pers, Selasa (21/12/2021).


Kondisi itu, menurut Sunindyo, berpengaruh terhadap capaian realisasi produksi komoditas batu bara. Fenomena La Nina juga dituding menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, hingga mengganggu operasi di area tambang.

 

Sementara itu, Kementerian ESDM menyebutkan, realisasi kebutuhan batu bara dalam negeri telah menembus 121,3 juta ton, atau 88,2 persen dari target 137,5 juta ton. Angka tersebut diperkirakan terus meningkat hingga penghujung tahun.


Kementerian ESDM memproyeksikan rencana produksi komoditas batu bara berada di kisaran 637 juta ton hingga 664 juta ton. Dari jumlah tersebut, sekitar 190 juta ton di antaranya diestimasi untuk kebutuhan domestik.


Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) KESDM Agung Pribadi menyebutkan bahwa proyeksi itu masih akan disesuaikan dengan sejumlah kebijakan Kementerian ESDM. (Yogi Riswanto)




Bagikan

Komentar & Pesan

Nama
Email *
Pesan *
Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
        

BERITA LAINNYA



 
WAKTU SAAT INI:
Follow:
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube  
mediadata.co.id - News & Report   

  • Reports&Review
  • About Us







  • Tidak ada komentar: