.









17/08/20


Bantuan Cair, Kado 17 Agustus untuk UMKM 
|Ekbis|UMKM |
Bagikan


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling terpukul akibat pandemik COVID-19. Sebab, hampir 99 persen pengusaha di Indonesia merupakan pelaku UMKM. Padahal sektor UMKM memberi kontribusi terbesar terhadap perekonomian Indonesia.

Tetapi ada kabar baik. Pemerintah memastikan bantuan produktif senilai Rp2,4 juta kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan cair pada 17 Agustus 2020. Hal ini bakal menjadi kado bagi para UMKM menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Teten Masduki
“Jadi ini kami sudah siapkan pertengahan Agustus ini juga sudah bisa kami kick off,” papar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dikutip ANTARA, Kamis (13/8/2020) lalu.

Dalam hal ini, pemerintah alokasikan bantuan untuk 9,1 juta penerima di tahap awal. Teten juga mengatakan bahwa, pemerintah menyadari pandemik COVID-19 memberikan dampak serius kepada UMKM dari sisi pembiayaan, produksi, distribusi, hingga dari sisi permintaan pasar.

Oleh sebab itu, melalui bantuan produktif ini, diharapkan dapat menggeliatkan kembali bisnis UMKM. Adapun pemberian bantuan ini ditargetkan untuk 12 juta penerima dengan total anggaran Rp28,8 triliun. Untuk itu, Teten juga mengajak UMKM ikut berpartisipasi dalam bantuan produktif. 

Tidak dipungkiri, UMKM memang memiliki kontribusi terhadap perekonomian cukup besar, "terutama terhadap penyerapan tenaga kerja 97 persen. Sales terhadap PDB 60 persen," ujar Teten dalam acara launching KUMKM Hub di Blibli.com Rabu (20/5).  
DosiBre



Komentar & Pesan

Nama
Email *
Pesan *
Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
_______________________________________          Adv
__________________________________________________ 
WAKTU SAAT INI:
Follow:
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube