.









17/08/20




Ini Dia Uang Seri 75 Tahun RI 
|Ekbis |
Bagikan


JAKARTA, Mediadata.Co.id - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang peringatan (commemorative money) tepat pada hari ini, Senin (17/8) pukul 11.15. 

Uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini memiliki ciri, pertama, desain bagian muka dihiasi gambar utama pahlawan nasional Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Uang seri ini juga terdapat gambar bunga anggrek bulan dengan logo BI yang bisa berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda.  

Selain itu, ada tanda air berupa gambar Ir. Soekarno dan Dr.s Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka 75 yang dapat diterawang. Gambar logo BI dapat dilihat secara utuh jika diterawangkan ke arah cahaya.
  
Kemudian, ada hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet, berupa gambar pengibaran bendera ada proklamasi 17 Agustus 1945, gambar motif songket yang berasal dari Sumatera Selatan, dan jembatan Youtefa Papua.  

Hasil cetak pun akan terasa kasar jika diraba pada bagian gambar utama pahlawan dan tulisan nominal tujuh pulih lima ribu rupiah pada sisi muka uang.  Pada uang ini juga terdapat peta Indonesia dalam bola dunia, serta tulisan “DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH”. 

Kedua, desain bagian belakang uang terdapat gambar anak Indonesia menggunakan pakaian adat daerah diseretai nomor seri tiga huruf dan enam angka. Uang baru ini ada tanda air berupa gambar Ir. Soekarno dan Dr.s Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka 75 yang dapat diterawang.
  
Kemudian, ada hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultravoilet berupa gambar motif tenun Gringsing yang berasal dari Bali, angka 75000, angka 75, bidang persegi empat yang berisi tulisan NKRI dan nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka.
Yogi Riswanto












Komentar & Pesan

Nama
Email *
Pesan *
Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
_______________________________________          Adv
__________________________________________________ 
Follow:
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube   








Bukan 'barang baru' lagi bila nilai kurs rupiah lagi-lagi melemah yang kembali menyedot perhatian, khusus setelah melemah ke level Rp 14.566 per dolar AS...




Perangi Virusnya, Bukan Orangnya

Bataringan Ngegas Produksi Kala Beton Raihkan Rp 276 Milyar Bataringan 2019 menarget 400-500 kubik/ hari. "Untuk produk kita...





Ditengah Industri Mortar Over Suplay: Semen Indonesia Bangun Pabrik Baru


Semenen Lokal Terancam Bangkrut


Industri Pulp and Kertas Meningkat Seiring Kebutuhan Pemilu 2019


Pemberlakuan SNI Wajib Baja Tulangan Beton Gusur Produk Baja Banci Induction Furnace?

Pengawasan yang telah dilakukan terhadap baja tulangan beton yang beredar di pasar, ternyata masih banyak ditemukan hingga 82 persen produk yang belum sesuai SNI. Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijon dalam...


mediadata.co.id - News & Report   🇲🇨Digahayu RI ke-75