.









22/10/20


Aparat Diduga Terlibat Penembakan di Intan Jaya 
HEADLINE|NASIONAL & Nagara|

JAKARTA, Mediadata.co.id–
Aparat kemanan diduga terlibat dalam kasus penembakan di Intan Jaya, Papua, yang menewaskan Pendeta Yeremia Zanambani. Selain itu, ada kemungkinan juga keterlibatan pihak ketiga dalam penembakan itu

Demikian hasil investigasi tim pencari fakta gabungan (TGPF) kasus penembakan di Intan Jaya yang dibacakan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. “Informasi dan fakta yang dikumpulkan di lapangan menunjukkan dugaan keterlibatan aparat,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (21/10).

Mahfud mengatakan, pemerintah akan menyelesaikan kasus ini sesuai hukum yang berlaku, baik hukum pidana dan administrasi negara. Sejauh tindak pidana yang menyangkut kekerasan dan pembunuhan, pemerintah meminta kepolisian dan kejaksaan untuk menyelesaikan sesuai dengan hukum yang berlaku tanpa pandang bulu.

Pemerintah juga meminta Kompolnas untuk mengawal kasus. “Laporan TGPF ini bisa menjadi bahan dalam rangka pro justicia,” tukas Mahfud. 

Mahfud menekankan, apabila pro justicia, penyelidikan ini tidak mempunyai batas waktu kecuali buktinya telah cukup. Namun setelah cukup bukti, kasus itu akan dibawa ke pengadilan.

Mahfud menambahkan, pihaknya merekemondasikan agar daerah-daerah di Papua yang masih kosong dengan aparat pertahanan dan keamanan organik segera dilengkapi. Hal ini guna menjamin keamanan wilayah tersebut.

Mahfud mengatakan, laporan TGPF juga menyebutkan ada tiga kasus lain ditemukan bahwa dua orang anggota TNI yang tewas dilakukan oleh anggota KKB, begitupun satu orang warga sipil lainnya. Laporan ini merupakan temuan TGPF yang telah melakukan investigasi di lapangan selama kurang lebih lima hari dan mewawancarai 45 orang saksi dan juga mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP).
(Yogi Riswanto)





°BERITA TERBARU;

|NASIONAL| Daerah|Hukum|




Dinilai terbukti merima suap, Bupati nonaktif Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, Muzni Zakaria, divonis empat tahun penjara serta denda Rp 250 juta subsider empat bulan. Terdakwa Muzni...


NASIONAL|Hukum & Nagara|
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta jajaran KPU dan Bawaslu betul-betul menjaga asas netralitas dalam proses Pilkada 2020, terutama dalam pemungutan suara. Tito menyebut dirinya pernah melihat kecurangan pada jajaran KPU di suatu daerah demi memenangkan seseorang...


Nikon Hengkang dari Indonesia


|Ekbis|

PERUSAHAAN manufaktur yang bergerak di bidang optik dan pencitraan, PT Nikon Indonesia, hengkang...




NAGARA|Hukum & Kriminal|

Polres Metro Jakarta Barat menangkap 6 pelaku pengeroyokan dan penadahan saat aksi demo Omnibus law...




Bagikan

Komentar & Pesan

Nama
Email *
Pesan *
Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
_______________________________________          Adv
__________________________________________________ 
WAKTU SAAT INI:
Follow:
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube   
mediadata.co.id - News & Report