.









21/07/20


BAJA 60 - 70% Kondisin Baja Ringan 
Asosiasi Baja Ringan Indonesia (Asibri) menyebut industri baja ringan di Tanah Air diprediksi akan tetap tumbuh pada tahun ini meski sepanjang 2019 ada beberapa produsen yang tumbang, 17/1/2020.

Ketua Asibri Wali Buwono di Surabaya, Jumat mengatakan beberapa produsen yang tumbang di tahun 2019 bukan karena permintaan di pasar berkurang, namun akibat salah kelola. Selain itu, kasus baja ringan yang roboh beberapa waktu lalu dan sempat mempengaruhi bisnis baja ringan dikarenakan kesalahan pemasangan, yakni kurangnya komunikasi, bukan masalah kualitas, seperti terkutip antara.

"Oleh karena itu, kami optimistis tahun ini akan jadi tahun yang positif bagi industri kami. Terbukti produsen mesin baja ringan masih kebanjiran banyak order," kata Wali lagi.

Searah dengan itu, Handaja Susanto, Direktur Utama BAJA menyebutkan utilisasi pabrikan tahun lalu hanya mencapai 30%-40% saja. Padahal perseroan tercatat memiliki kapasitas produksi baja lapis hingga 150 ribu ton per tahun.

Memang perlu diakui bahwa pandemi mempunyai pengaruh ke bisnis baja lapis perseroan, dimana segmen penjualan proyek jauh mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Praktis yang jalan saat ini dari ritel, kami berusaha maksimalkan di sana," ujar Handaja.

Saat itu, demi mengisi kebutuhan pasar baja lapis yang semula ramai diisi produk impor, PT Saranacentral Bajatama Tbk (BAJA) sudah mulai menaikkan level utilisasi pabrikannya saat ini. Dimana di tahun lalu utilisasi produksi perusahaan baja lapis ini masih rendah.

"Karena penjualan saat ini ada peningkatan, maka utilisasi saat ini sudah berkisar 60%-70%," papar Handaja kep,  20/7/3020. Meski di tengah pandemi covid-19, manajemen mengatakan operasional lini produksi masih dapat berjalan normal, seperti dikutip kontan.

Perusahaan juga terus mengedepankan efisiensi, sebab akan berhadapan dengan tantangan fluktuasi kurs yang berpotensi menggerus bottomline perseroan. Tersebab kondisi ini, BAJA belum akan melakukan ekspansi besar-besaran. ◻dosBre'








        






Follow:



Facebook  Twitter  Instagram  Youtube