• Headline
  • H⭕rizon
  • Review
  • About us






  • 01/06/22

    Dari Limbah Botol Plastik

    PET Spunbond Hadtex Go Internasional

    .

    Sampah plastik.(ist)


    PT. Hadtex produsen spunbond dan kain non woven lainnya, setiap bulannya mengolah  sebanyak 27 juta pcs lebih sampah botol plastic dan 4 juta pcs lebih sampah material tekstil, untuk diproses ke dalam beberapa tahapan proses produksi. Hasilnya, produk spunbond tersebut diakuinya sebagai produk yang ramah lingkungan (eco friendly).


    “Sehingga produk kami itu, khususya bisa diterima di pasar internasional”, kata Harry Hermawan, Kabag Media Relations dan HRD PT Hasil Damai Tekstil (Hadtex) di lokasi pabriknya di Jl.Cisurung Km 2.0 Bandung, kepada Mediadata, pada pertengahan Mei 2022 lalu. 


    Produk dari bahan bekas limbah plastik dan sampah material tekstil itu, prosesnya sudah mengikuti berbagai standarisasi internasional, salah satunya sertifikai Standar Daur Ulang Global  (Global Recycled Standard), dan berbagai test kelayakan medis (standat internasional) untuk produk SpundMed serta SpunWeb. 


    Dengan demikian, PET Spunbond memiliki kelebihan dibandingkan PP Spunbond, selain ramah lingkungan (eco friendly) juga tahan panas, tidak mudah lapuk, daya ikatnya tinggi dan lain-lain – hal ini yang membuat PET Spunbond  lebih banyak diaplikasikan ke berbagai bidang di luar bidang medis.


    Permintaan meningkat

    Perkembangan trend pasar kain non anyaman (nonwoven), khususnya yang berbasis polyester seperti spundbond, baik secara global maupun domestic akan terus mengalami peningkatan. Sebelumnya, terputusnya mata rantai suplai kain nonwoven dari China ke pasar internasional akibat kebijakan lockdown di masa pandemi lalu, telah membuat PT. Hadtex sebagai produsen kain nonwoven di tanah air kebanjiran pesanan dari sejumlah negara, sekaligus membuka peluang pasar untuk terus di garap secara maksimal pasca pandemic atau era new normal. 


    Selain itu, pertumbuhan sector property dan konstruksi di tanah air dari tahun ke tahun, juga ikut mendorong peningkatan permintaan pasar akan PETSpunbond Hadtex, dengan rentang gramasi 70-160 gram – jenis ini pula yang diserap industry otomotif dan lain-lain. 


    Penyerapan spunbond di bidang otomotif adalah untuk Accoustics Insulation; Carpet Backing; Dashboards; Headliners; dan Trunkliners. Bedding: Cushion; dan Pillow. Building industry : ground stabilization, house wrapping; dan roop lining. Composite, Filtration, Flooring, Furniture, Geotextile, dan perumahan (Roofing Insulation). 


    Sebagaimana diketahui, Sekitar 80 persen  spunbond yang diproduksi PT Hadtex adalah dengan rentang gramasi 70-160 gram, dan sisanya sekitar 20% memproduksi spunbond dengan rentang 16-30 gram. Spunbond dengan gramasi tipis yang biasa  di pasaran umum disebut “kain tisu” itu dan digunakan untuk pembungkus tas maupun furing tas, permintaannya tidak sebanyak gramasi tebal. 


    Sekitar 80 persen  spunbond yang diproduksi PT Hadtex adalah dengan rentang gramasi 70-160 gram yang diproduksi PT. Haddtex, dan sisanya sekitar 20 persen memproduksi spunbond dengan rentang 16-30 gram. Spunbond dengan gramasi tipis yang biasa  di pasaran umum disebut “kain tisu” itu dan digunakan untuk pembungkus tas maupun furing tas, permintaannya tidak sebanyak gramasi tebal. 


    Untuk memenuhi tingginya permintaan spunbond tersebut, Hadtex mengaku masih terkendala pada factor permesinan. Karena itu, PT. Hadtex memproduksi spunbond berdasarkan pesanan, tidak melakukan stock barang seperti beberapa tahun sebelumnya. 

    “Jadi kini kami berproduksi sesuai PO (purchasing order) sehingga harga jual kembali ke pasaran diserahkan kepada pihak pengorder”, jelas Harry Hermawan.


    Mengenai permintaan pasar spunbond, trend pasar global maupun domestic  diperkirakan tetap bertahan di tingkat pertumbuhan 6% -10% dalam lima tahun ke depan. 


    “Itu semua tidak terlepas dari estimasi bahwa pasar spunbond global diperkirakan  akan mencapai USD 18,3 miliar pada tahun 2023 dari USD 2,7 miliar di tahun 2018. Diperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 7,6% dari 2018 hingga 2023”, paparnya. 


    Tingginya permintaan nonwoven polypropylene spunbond, ditandai dengan dengan berdirinya pabrik-pabrik baru sepertihalnya di Kab/Kodya Bandung sebagai sentra  tekstil nasional. Dalam dua tahun terakhir ini, beberapa pabrik pembuat spunbond beropersi di kawasan industry Leuwigajah, Bandung. 


    Karena itulah, Hadtex pun akan terus meningkatkan kapasitas produksinya yang saat ini  sudah mencapai  24.000 ton per tahun untuk memproduksi  produk Spunbond, SpunMed, SpunWeb, rPet SpunYarn, PET Flake dan rPET Stapler (dacron fiber). 


    Kapasitas spunbond PT Hadtex  dipublikasikan sebesar 1,8 ribu  ton per tahun per jenis gramasi. Rentang produksi per gramasi spunbond yang ditawarkan  cukup lengkap dari 12 sampai 160 gram per  gramasi, termasuk spunmed dan spunweb dalam bentuk gulungan atau roll berukuran 2,4 meter atau 2400 mm (lebar), sedangkan panjang mengikuti permintaan pemesan, umumnya panjang 60 sampai 100 meter per roll.


    Dengan rentang gramasi yang ditawarkan cukup lengkap, maka total kapasitas terpasang spunbondnya diperkirakan mencapai 14 ribu ton, di antaranya dengan maklon kepada produsen spunbond lainnya bilamana mendapatkan order yang melebihi kapasitas terpasang mesin spunbond di pabriknya. 


    “Sekarang ini, Hadtex hanya memproduksi spunbond berdasarkan pesanan dari distributor maupun end-user berskala besar atau produsen yang menggunakan bahan baku spunbond," jelasnya lagi.



     Husni Agus 



    Bagikan

    Komentar & Pesan

    Nama
    Email *
    Pesan *
    Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
            
     
    WAKTU SAAT INI:
    Follow:
    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube  
    mediadata.co.id - News & Report   





      Tidak ada komentar: