• Headline
  • H⭕rizon
  • Review
  • About us






  • Marketplace




    PERTUMBUHAN

    E-COMMERCE DAN MARKETPLACE


    E-Commerceadalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Dengan perkembangan teknologi informasi dan software, hal ini membuat transaksi konvensional menjadi mungkin untuk dilakukan secara elektronik.

    Lembaga riset asal Inggris, Merchant Machine, merilis daftar sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Indonesia memimpin jajaran negara-negara tersebut dengan pertumbuhan 78% pada 2018. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang lebih dari 100 juta pengguna menjadi salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan e-commerce.

    Mengutip data dari GlobalWebIndex, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada 2019. Sebanyak 90 persen dari pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia pernah melakukan pembelian produk dan jasa secara online.

    Tidak hanya dari sisi perubahan gaya hidup konsumen, industri e-commerce juga membuka lebih banyak peluang bisnis baru, serta menghasilkan dampak beruntun (trickle-effect) bagi industri di sektor pendukung, seperti logistik, infrastruktur IT, dan operator e-commerce.

    Namun demikian, meski berada dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif, banyak potensi di industri e-commerce Indonesia belum tergali, terutama di berbagai kota di luar Pulau Jawa.

    Data internal SIRCLO yang diperoleh dari kampanye Hari belanja online nasional (Harbolnas) 12.12 lalu menunjukkan peningkatan transaksi e-commerce yang signifikan dari wilayah-wilayah di luar Pulau Jawa, seperti Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, dan Papua. Seperti terkutip cnnIndonesia.

    Total Consumer Online Marketplace di Indonesia lebih dari 150 juta Jiwa dari Penduduk di Indonesia sudah Menggunakan fasilitas E-Commerce Social. Potensi itu diprediksi akan terus meningkat saat ini, tahun 2020.






    Penjualan e-Commerce (perdagangan elektronik) ritel di Indonesia bakal tumbuh 133,5% menjadi US$ 16,5 miliar atau sekitar Rp 219 triliun pada 2022 dari posisi 2017. Pertumbuhan ini ditopang oleh pesatnya kemajuan teknologi yang memberikan kemudahaan berbelanja bagi konsumen. Lahirnya Gener yang lahir di era digital juga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan e-Commerce di tanah air.

    Marketplace
    Marketplace yaitu kanal yang memfasilitasi transaksi jual beli online, seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada, danlain-lain.

    Diperkirakan total Consumer Online Marketplace di Indonesia lebih dari 150 juta Jiwa dari Penduduk di Indonesia sudah Menggunakan fasilitas E-Commerce Social.

    Dari data-data diatas kita semua dapat melihat Trend masyarakat saat ini, terlihat pula bahwa kedudukan marketplace akan terus menguat hingga memasuki tahun-tahun berikut nya.

    Diperkiraka lebih terdapat 42 online marketplace di Indonesia yang saat ini beroperasi di Indonesia dan 42 online marketplace tersebut adalah dengan sistem konvensional (Artinya masyarakat hanya berbelanja membeli barang dan mengeluarkan Uang).


    Menyadari adanya peluang ini dan hadir sebagai pelopor Online Marketplace Berbasis Afiliasi, dimana memberikan kesempatan untuk kita semua berafiliasi bersama dengan memberikan informasi ke masyarakat bahwa sekarang Belanja Online kebutuhan primer, sekunder dan lain lainnya. Dan bukan lagi hanya jadi pengeluaran tapi bisa menjadi sumber pemasukan, yang otomatis akan menjadi Solusi Mengubah Pola hidup Konsumtif Jadi Produktif. Bagaimana?

    DosiBre bbs/ft:ist


    Komentar & Pesan

    Nama
    Email *
    Pesan *
    Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
    _______________________________________          Adv
    __________________________________________________ 
    Follow:
    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube