.









Kembangkan Kompetensi Manajerial Diri Sendiri 
|BUMN|KEMENTERIAN|

25/09/20


JAKARTAmediadata.co.id- 

Diselenggarakannya Webinar#9 (series kesembilan) kali ini adalah Pengembangan Kompetensi Managerial Bagi Pemimpin dan Calon Pemimpin oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN yang mengusung tema Managing Oneself. 


Hal itu dilakukan dalam rangka untuk membuka pola pikir Aparatur Sipil Negara (ASN)  di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), penting bagi para ASN untuk merefleksikan potensi serta mengidentifikasi area pengembangan dalam diri masing-masing individu.


Webinar yang diselenggarakan secara daring pada Kamis (24/09/2020) dihadiri Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi, Gunawan Muhamad dan perwakilan dari Rumah Perubahan, Nur Anugerah, serta dimoderatori oleh Widyaiswara PPSDM Kementerian ATR/BPN, Ratmono.


Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi menjelaskan apa yang dimaksud dengan managing oneself adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri dalam setiap aktivitas yang dilakukan sesuai tujuan hidup yang diinginkan, seperti yang diucap Gunawan Muhamad.


"Kemampuan dalam mengatur diri sendiri sangat penting untuk kemajuan diri maupun karir seseorang," katanya, "Karena orang-orang sukses adalah orang yang mampu mengatur dirinya sendiri. Kalau Anda tidak bisa mengatur diri sendiri, bagaimana Anda bisa mengatur orang lain?" tambahnya memapar.


Untuk menilai diri sendiri, seseorang harus menanamkan beberapa pertanyaan di dalam diri untuk mengatur diri sendiri (managing oneself).


"Kita harus mengetahui terlebih dulu apa kelebihan yang kita miliki, bagaimana cara kerja kita, kemudian apa nilai-nilai yang kita anut, kita juga harus tahu di mana kita berada, dan apa yang dapat kita sumbangkan," katanya lagi.


Pada kesempatan yang sama, Nur Anugerah juga mengatakan bahwa kesadaran diri sendiri (self awareness) sangat berguna. Maka dengan self awareness dapat memahami diri dalam melakukan relasi dengan orang lain, "Kita juga dapat memahami nilai perbedaan yang ada di luar lingkungan kita sehari-hari, selain itu kita dapat mengelola hidup untuk mencapai tujuan yang kita inginkan."


Lanjut Nur faculty member dari Rumah Perubahan mengatakan, "Yang juga Dan yang terpenting dengan self awareness kita dapat meningkatkan produktivitas kita dalam keseharian," paparnya.


Diharapkan 550 peserta yang merupakan pejabat pengawas dan pelaksana di seluruh Indonesia mampu mengelola diri dan berkomitmen dalam mengembangkan diri maupun lembaga Kementerian ATR/BPN ke arah yang lebih baik.
DosiBre

Bagikan

Komentar & Pesan

Nama
Email *
Pesan *
Pesan dan komentar Anda tidak di publikasikan. Terimakasih.
WAKTU SAAT INI:
Follow:
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube   
mediadata.co.id - News & Report